Tradisi Unik Menyambut Ramadhan yang Diwarisi Nenek Moyang

0 44

- Advertisement -

Ada berbagai tradisi unik menyambut Ramadhan yang selalu digelar oleh beberapa umat muslim di Indonesia. Tradisi tersebut dipercaya telah ada sejak agama islam mulai tersebar di Indonesia.

Ada beberapa tradisi yang diajarkan oleh nenek moyang dan tetap dilestarikan hingga kini sebagai perwujudan penghormatan terhadap peninggalan nenek moyang dan bentuk syukur terhadap nikmat yang diberikan oleh tuhan yang maha kuasa.

Bahkan, tradisi-tradisi tersebut selalu diselenggarakan tepat sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Di Indonesia sendiri, ada berbagai macam tradisi unik dari setiap provinsi yang mayoritas beragam islam.

Untuk itu, kamu wajib mengerti dan mengetahui berbagai tradisi unik yang selalu digelar untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Tradisi Unik Menyambut Ramadhan dari Berbagai Provinsi di Indonesia

Indonesia sendiri memang dikenal akan keragaman budaya dan tradisi. Ketika memasuki bulan suci Ramadhan, ada berbagai tradisi yang dilakukan oleh mayoritas masyarakat beragam islam.

Maka dari itu, ini dia beberapa tradisi unik yang diwariskan nenek moyang untuk menyambut bulan Ramadhan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Nyorog

Nyorog merupakan salah satu tradisi khas orang Betawi. Nyorog adalah suatu kegiatan berkumpul bersama saudara. Setelah berkumpul, masing-masing anggota keluarga akan saling bertukar kado atau bingkisan.

Tradisi Nyorog ini telah ada sejak zaman dahulu dan masih dilestarikan hingga sekarang. Namun selama pandemi virus corona, tradisi Nyorog ini tetap dilaksanakan namun sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

  • Meugang

Meugang juga menjadi salah satu tradisi unik menyambut Ramadhan dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Meugang merupakan tradisi asli masyarakat Aceh yang membagikan daging untuk dimasak dan dihidangkan sebagai makanan pembuka di awal-awal bulan suci Ramadhan.

Tradisi ini telah ada sejak zaman Sultan Iskandar Muda di abad ke 16 hingga 17. Sultan Iskandar Muda membagikan daging kepada masyarakat Aceh yang kurang mampu untuk dijadikan santapan pembuka di waktu berbuka puasa.

Di berbagai provinsi Indonesia, terdapat berbagai tradisi yang bertujuan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Salah satunya adalah Nyorong dan Meugang. Tradisi unik menyambut Ramadhan tersebut telah ada sejak zaman dahulu dan tetap dilestarikan hingga sekarang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.