Tempe Mendoan, Makanan Khas Jateng yang Populer di Indonesia

0 289
tempe mendoan

Salah satu makanan khas Jateng yang sangat populer di Indonesia yaitu tempe mendoan. Kamu juga pasti sudah mengetahui makanan gorengan yang satu ini bukan? Meski bahan dan bentuknya sederhana, namun makanan ini memiliki rasa unik.

Rasa unik tersebut dapat membuat siapa saja orang yang memakan tempe mendoan akan ketagihan dan ingin lagi memakan makanan tersebut. Hal tersebut terjadi karena memang mendoan sangat cocok untuk menemani aktivitas santai.

Kamu dapat dengan mudah menemukan makanan yang satu ini di tempat seperti warung kopi atau juga tukang gorengan. Di samping itu, kamu juga tentu saja dapat dengan mudah membuatnya sendiri di rumah.

Cara Membuat Makanan Khas Jateng (Tempe Mendoan)

Cara membuat tempe mendoan ini sangat mudah karena hanya membutuhkan bahan dasar yaitu tempe, minyak, kompor, tepung, bumbu, dan lain sebagainya. Lalu, bahannya tersebut juga dapat ditemukan dengan mudah dan dijual dengan harga yang terjangkau.

  1. Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuatnya, kamu membutuhkan 10 lembar tempe mendoan siap pakai atau 300 gr tempe biasa dan mengirisnya dengan tipis memanjang secara pribadi. Lalu, dibutuhkan juga 100 gr tepung terigu, 50 gr tepung beras, air, dan minyak untuk menggoreng.

Selain itu, kamu juga tentu membutuhkan bumbu halus dan pelengkap untuk membuatnya yaitu 1 sdm ketumbar halus, 1 sdt kencur iris, 1 sdt garam dan untuk pelengkap yaitu cabai rawit hijau utuh atau juga kecap manis.

  • Cara Membuatnya

Setelah semua bahan yang dibutuhkan siap, maka pertama-tama kamu perlu memasukan bumbu yang telah dihaluskan ke dalam suatu wadah lalu mencampurkannya dengan tepung terigu, tepung beras, kucai, dan air kemudian aduk sampai menyatu.

Setelah itu, masukan lembaran atau irisan tempe ke dalam adonan tersebut dan goreng satu per satu menggunakan minyak panas di wajan. Jika tempe berubah menjadi kekuningan, maka itu pertanda sudah matang dan kamu hanya perlu mengangkatnya.

Cukup mudah bukan untuk membuat makanan khas Jateng tempe mendoan ini? Makanan tersebut tentu akan lebih nikmat jika di santap dengan bahan pelengkap yaitu cabai rawit atau kecap manis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.