Tauge Goreng, Jajanan Khas Asli Bogor yang Terkenal

0 71

- Advertisement -

Olahan Tauge

Salah satu makanan yang sangat terkenal di daerah Bogor adalah tauge goreng. Meskipun terlihat cukup sederhana, namun ternyata makanan ini memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan.

Tauge biasanya menjadi bahan pelengkap untuk jenis makanan lain. Namun, di tangan-tangan orang Bogor Tauge malah dijadikan sebagai bahan utama. Hasilnya juga tidak terduga karena memberikan rasa nikmat luar biasa.

Untuk bisa menikmatinya sendiri kamu bisa mencoba membuatnya di rumah. Bahan-bahan dan cara membuatnya cukup mudah. Jadi kamu bisa membuatnya sendiri dan menikmatinya setiap hari.

Bahan-Bahan untuk Membuat Tauge Goreng

Bahan utama yang digunakan tentu saja ada tauge. Kemudian ada beberapa bahan pendukung lain seperti oncom, lontong, mie kuning, tahu goreng, serta tauco. Sesuaikan saja berapa banyaknya dengan kebutuhan.

Jangan lupakan beberapa bumbu penyedap seperti bawang putih, kemiri sangrai, bawang merah, cabai, dan beberapa bumbu lain. Nantinya kamu bisa menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai selera.

Semua bahan-bahan tersebut sangat mudah didapatkan. Jadi kamu tentunya bisa dengan mudah menyiapkan dalam waktu singkat. Apalagi semua bumbu dapur maupun bahan utama bisa didapatkan dengan mudah di pasar.

Cara Membuat Tauge Goreng Mudah

Pertama haluskan semua bumbu yang disiapkan sebelumnya. Kemudian tumis bumbu tersebut dan masukkan oncom yang telah dilumatkan serta daun bawang. Berikan air secukupnya serta tambahkan gula, saus tauco, serta garam.

Rebus mie kuning terlebih dahulu dan tiriskan jika sudah matang. Tauge yang menjadi bahan utama juga perlu kamu rebus sebelumnya. Biasanya untuk merebusnya hanya butuh waktu sekitar 2 menit saja.

Jika sudah, sajikan semua tauge, mie, dan tahu goreng di atas piring. Siramkan tumisan bumbu yang telah kamu buat. Maka, makanan khas Bogor tersebut sudah bisa dihidangkan.

Rasa dan Kenikmatan dari Tauge Goreng

Dari sisi rasa makanan ini memang memiliki ciri khasnya sendiri. Rasa gurih, asin, dan manis melekat menjadi satu dalam gigitan pertama. Apalagi dengan tumisan bumbu dengan komposisi tepat.

Untuk tingkat kepedasan atau keasinan bisa kamu sesuaikan dengan selera. Namun yang jelas adalah makanan tersebut bisa dinikmati kapan saja. Lebih cocok adalah nikmati pada saat pagi hari.

Berkunjung ke Bogor rasanya tidak lengkap jika tidak menikmati jajanan satu ini. Namun, kamu bisa membuat tauge goreng sendiri di rumah untuk menyesuaikan selera dan rasa sesuai keinginan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.