Taman Buah Mekarsari, Taman Buah terbesar di Dunia

0 254

- Advertisement -

Taman Buah Mekarsari

Indonesia ternyata memiliki taman buah terbesar di dunia, yaitu Taman Buah Mekarsari. Tentu saja hal ini menjadi sebuah aset dimana kamu bisa memiliki alternatif pilihan tempat berlibur akhir pekan.

Jika dilihat dari luasnya, Mekarsari memiliki total sekitar 264 hektare. Dengan luas area tersebut, ada sekitar 1.470 varietas tanaman buah-buahan. Sedangkan totalnya ada lebih dari 100 ribu pohon.

Semua koleksi varietas tanaman terdiri dari beberapa jenis tanaman. Ada tanaman industri, tanaman buah, hingga tanaman hias. Berikut ini beberapa jenis tanaman yang paling banyak ada.

Cannonball atau Couroupitaguianensis, Tanaman yang  Cukup Fenomenal

Salah satu tanaman yang cukup fenomenal adalah Cannonball dari daerah Amerika Latin. Nama Cannonball sendiri diambil dari bentuk buahnya yang bulat besar seperti bola meriam.

Menariknya, ketika buah tersebut jatuh muncul suara khusus. Hal tersebut terjadi karena kulit buahnya retak saat menyentuh tanah. Suara ini yang sering dinantikan oleh banyak pengunjung untuk dinantikan.

Pohon Cannonball cukup besar dari sisi ukuran. Bahkan, dalam satu pohon bisa menghasilkan 300 buah. Ukuran buahnya sendiri juga cukup besar dengan diameter antara 15-24 cm.

Taman Buah Mekarsari Sawo Kecik

Salah satu tanaman yang cukup menarik perhatian adalah sawo kecik. Ini merupakan sebuah tanaman dengan ciri khas khusus sebagai tanaman keraton. Biasanya, sawo kecik banyak dijumpai di daerah Keraton Yogyakarta.

Sebenarnya, rasa sawo kecik sendiri tidak terlalu berbeda dengan varietas sawo lain. Hanya saja ukurannya jauh lebih kecil sehingga lebih cocok untuk camilan ringan sore hari.

Sawo kecik dipercaya sebagai buah lambang persahabatan oleh beberapa orang. Sebarannya meliputi hampir seluruh kawasan Asia serta Amerika. Sawo kecik hidup subur di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia.

Belimbing Darah yang Memilii Warna Kulit Merah Menyala

Meskipun memiliki nama belimbing darah, namun tidak ada hubungannya dengan darah sungguhan. Nama tersebut muncul karena warna kulitnya yang merah menyala. Beberapa orang menyebutnya juga dengan nama belimbing merah.

Sebenarnya belimbing darah merupakan tanaman endemik dari Pulau Sumatera. Di Kalimantan tanaman ini dikenal dengan nama umbing atau umbung. Selain itu, belimbing darah masih berkerabat dengan menteng serta rambai.

Sebagai taman buah terbesar di dunia, tentu saja tempat ini menjadi lokasi terbaik menikmati akhir pekan. Selain itu, kamu bisa mengenal banyak varietas tumbuhan di Taman Buah Mekarsari Bogor.

Leave A Reply

Your email address will not be published.