Sejarah Makanan Rawon, Khas Jawa Timur yang Sedap

0 229

- Advertisement -

Saat memakan rawon, mungkin kamu tidak akan tertarik dengan sejarah makanan rawon. Padahal sejarah dan asal usul tentang makanan ini sangat dibutuhkan. Selain untuk menambah pengetahuan, kamu akan semakin tertarik untuk mencoba untuk memakannya.

Pada dasarnya, sejarah terbentuknya sesuatu itu bisa dibilang sebagai hal yang fundamental dan penting. Ketika mengetahui tentang asal usul dari suatu hal, biasanya akan memunculkan rasa penasaran untuk mencoba dan merasakannya langsung.

Rawon, kini telah menjadi ikon dari Jawa Timur. Semua mengetahui bahwa makanan ini berasal dari provinsi yang dilambangkan dengan hiu dan buaya. Namun, sejarah rawon belum banyak diketahui sehingga orang tidak pernah mendengarkan informasi ini.

Sejarah Makanan Rawon yang Menggugah Selera

Rawon atau yang dikenal juga dengan nama Black Soup ini telah berhasil go international. Rempah-rempah yang khas pastinya menjadi cita rasa sendiri yang berhasil membuat makanan ini digemari oleh orang dalam maupun luar negeri.

Sebelum mendapat kepopulerannya, tentunya suatu makanan melewati proses yang panjang. Untuk itu, sejarah tentang rawon harus juga diketahui. Apalagi, asal usul adanya rawon ini merupakan cerita yang cukup menarik.

Sejarah makanan Rawon yang asli berasal dari Surakarta. Dulu, makanan ini dianggap sebagai makanan rakyat jelata. Rawon didominasi oleh potongan-potongan daging sapi yang kemudian disiram dengan bumbu khususnya.

Dari rakyat jelata, kemudian rawon mulai mendapat ketertarikan dari masyarakat banyak. Kelezatannya kemudian membawa rawon dikenal luas hingga keluar Surakarta. Hal ini membuat raja-raja pada zaman itu penasaran dan kemudian mencobanya.

Rawon yang pada awalnya merupakan makanan rakyat jelata, beralih menjadi makanan favorit raja. Alhasil, rawon terus dikenalkan hingga kini terkenal hingga mancanegara. Rasa dari kuah hitamnya ini berhasil memberi cita rasa yang membuat siapapun ingin mencobanya.

Isian dari rawon adalah potongan daging sapi, sayuran, dengan kuah hitam dari bumbu kulewek. Rasa yang luar biasa enak ini membuat makanan dari rakyat jelata menjadi makanan yang dikenal hingga mancanegara. Sejarah makanan rawon menjadi sangat menarik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.