Rasakan Kesegaran Asinan Khas Bogor yang Sukses Mendunia

0 15

- Advertisement -

Asinan Khas Bogor

Jika berkunjung ke Kota Hujan, tidak lengkap rasanya kalau belum mencicipi asinan khas Bogor yang kini sudah dikenal hingga mancanegara. Jajanan pinggir jalan yang satu ini memang fenomenal di Bogor.

Sebagai salah satu kuliner Indonesia yang tidak pernah sepi peminat, asinan Bogor ini dijamin mampu memanjakan lidah mulai dari rasa pedas, asin, dan segar. Peminatnya juga beragam mulai dari dewasa hingga remaja sekalipun.

Asinan Khas Bogor, Kuliner Tanah Air Warisan Budaya China

Biasanya, asinan khas dari Bogorini kerap disajikan dengan menggunakan plastik bening. Bentuknya hampir mirip dengan kudapan acar yang diproses dengan cara pengawetan.

Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat asinan ini, terdiri dari 3 jenis, yaitu asinan buah, sayur dan campuran lainnya. Makin lengkap jika ditambahkan tempe dan tahu goreng, kerupuk, dan kacang goreng.

Walaupun diawetkan, namun asinan Bogor ini menggunakan bahan-bahan yang alami dan terjamin kesegarannya. Selain itu, makanan ini tanpa pengawet, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Cita rasa asam, manis dan pedas dari kuah asinan khas Bogor ini senantiasa memanjakan lidah dan menyegarkan tenggorokanmu. Harga untuk satu porsi asinan ini dibandrol seharga Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu per porsinya.

Umumnya, kuliner khas Bogor satu ini seringkali dijadikan sebagai oleh-oleh. Namun, alangkah nikmatnya jika disantap langsung, terlebih lagi saat musim kemarau.

Uniknya, kuliner khas Indonesia satu ini sudah lama ada sejak bangsa China masih menguasai negeri ini, sehingga memiliki pengaruh terhadap hadirnya asinan Bogor ini.

Di mana seorang kapitan asal China yang kerap tinggal di Bogor, bermana Tan Goan Piauw (1825-1889) sempat mendirikan sebuah gedung penampungan yang dikenal sebagai Gedung Dalam.

Di mana tujuan didirikannya gedung tersebut ialah untuk menyediakan tempat tinggal bagi bangsa China yang baru tiba di Bogor. Akan tetapi, lambat laun gedung tersebut menjadi pusat kebudayaan China di kota Bogor.

Adapun asinan Bogorini mulai diperkenalkan pertama kali sejak tahun 1970an. Dahulu, dikenal sebagai Asinan Sedap Gedung oleh masyarakat luas.

Setelah semakin dikenal hingga kini, brand asinan baru akhirnya tercipta mulai dari Asinan A.K.A Sedap, hingga Asinan Gang Aut, tentunya dengan berbagai variasi berbeda.

Banyak sekali makanan yang dikenal oleh berbagai Negara di dunia yang berasal dari Kota Bogor. Kamu juga dapat merasakan asinan khas Bogor yang sudah mendunia saat berkunjung di kota hujan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.