Ragam Kuliner Nusantara yang Hanya Dijual di Bulan Ramadhan

0 43

- Advertisement -

Indonesia memang terkenal akan ragam kuliner nusantara, terlebih ketika memasuki bulan suci Ramadhan. Namun, ada beberapa macam kuliner yang hanya ada di bulan suci Ramadhan.

Hal ini disebabkan karena makanan tersebut banyak ditemui dan dijual selama bulan suci Ramadhan saja. Maka tak heran jika jenis-jenis kuliner tersebut kini sangat ikonik dan wajib disajikan sebagai hidangan pembuka dan penutup saat sahur maupun berbuka puasa.

Kamu tak perlu khawatir, sebab ragam kuliner tersebut sangat mudah untuk dibeli. Beberapa penjual takjil pun menyediakan berbagai masakan kuliner khas nusantara yang cukup ikonik di bulan suci Ramadhan ini.

Daftar Ragam Kuliner Nusantara yang Hanya Dijual Ketika Bulan Puasa Tiba

Di Indonesia, ketika memasuki bulan suci Ramadhan tentu banyak penjual makanan yang cocok sebagai menu untuk membatalkan puasa. Namun, ada beberapa menu kuliner yang hanya kamu temui ketika memasuki bulan Ramadhan. Untuk itu, ini dia beberapa jenis kuliner yang hanya tersedia di bulan puasa Ramadhan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Es Kolak Pisang

Es kolak pisang menjadi salah satu menu kuliner yang wajib dihidangkan untuk buka puasa. Minuman yang terbuat dari buah pisang, singkong, serta santan ini memiliki cita rasa manis gula jawa dan gurih dari santan maupun singkong.

Di beberapa kota, es kolak pisang ini ditambahkan dengan buah kurma atau “biji salak”. Es kolak pisang ini dibanderol cukup murah. Biasanya, para penjual takjil membanderol 1 cup es kolak pisang sebesar Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 saja.

  • Lemang

Lemang menjadi salah satu ragam kuliner nusantara yang sangat identik dikonsumsi selama bulan suci Ramadhan. Lemang ini memang mirip dengan lontong. Hanya saja, lemang terbuat dari bahan beras ketan yang dimasukkan ke dalam bambu dan kemudian dibakar di bara api. Lemang menjadi salah satu makanan berbuka puasa khas masyarakat Melayu hingga Minangkabau

Ada berbagai menu kuliner yang dapat dijadikan sebagai hidangan pembuka di bulan suci Ramadhan. Bahkan, di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis kuliner yang hanya ditemui dan dijual selama bulan puasa saja. Untuk itu, kamu wajib mencoba ragam kuliner nusantara yang cukup ikonik selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.