Onde-onde Mojokerto, Jajanan Khas Jawa Timur untuk Buka Puasa

0 114

Bagi kamu yang pernah mencari jajanan khas Jawa Timur, Ondo-onde pastinya masuk sebagai salah satu jajanan paling populer. Bahkan, onde onde Mojokerto bisa dibilang sebagai ikon dari Jawa Timur karena kepopulerannya.

Di pertengahan bulan April 2021 ini, bulan Ramadhan akan tiba. Praktis, akan banyak orang yang berburu jajanan untuk buka puasa. Onde-onde kini juga merupakan jajanan yang selalu ada di gerobak jualan pedagang.

Pada awalnya, onde-onde dibawa oleh orang Tiongkok masuk kesini. Namun, onde-onde khas Mojokerto ini merupakan hasil modifikasi dengan penambahan beberapa isi yang menambah rasa lezatnya.

Pengolahan Onde-onde, Jajanan Khas Jawa Timur

Onde-onde telah ada sejak lama. Hidangan ini membuat makanan yang berbentuk bulat ini dijuluki sebagai makanan tradisional. Luaran yang kenyal, diisikan dengan kacang hijau serta gula merah membuat rasa spesial tersendiri.

Dalam proses pengolahan jajanan Onde-onde, ada dua fase pembuatan, yaitu pembuatan pembungkusnya dan proses untuk mengisi dalamnya. Untuk membuat luarnya, diperlukan tepung ketan dan taburan biji wijen.

Sedangkan isian yang asli itu dibuat dari kacang hijau yang dihaluskan dan ditambah gula merah agar memberikan rasa manis. Kacang hijau harus dikukus terlebih dahulu agar nantinya lebih mudah merata.

Setelah semua siap, isian dari jajanan khas Jawa Timur ini harus dibungkus dengan pembungkusnya. Luarannya juga harus ditipiskan dan diambil beberapa bagian kecil. Dalam membungkusnya, onde-onde harus berbentuk bulat agar sesuai dengan bentuk aslinya.

Dengan telah dibuatnya beberapa onde-onde yang masih berbentuk adonan, masukkan ke dalam kompor yang telah dipanaskan. Goreng onde-onde tersebut hingga berwarna kecokelatan yang menjadi tanda bahwa onde-onde tersebut sudah matang.

Ketika sudah matang, onde-onde itu akan bertekstur kenyal dengan aroma yang sangat wangi. Kamu juga bisa langsung menggigitnya sehingga langsung merasakan kelezatan dan rasa gurih dari onde-onde ini.

Berawal dari dibawa dari Tiongkok, Onde-onde kini menjadi salah satu jajanan favorit. Apalagi ketika memasuki bulan Ramadhan, jajanan ini menjadi buruan orang yang ingin berbuka puasa. Kini, jajanan khas Jawa Timur ini juga telah banyak ditemukan di wilayah lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.