Oleh-oleh Khas Semarang yang Terkenal dan Wajib Coba

0 71

- Advertisement -

Jika kamu berkunjung ke semarang maka kamu wajib membeli oleh-oleh khas semarang agar perjalananmu terasa lengkap. Tentu saja agar keluarga dan teman dekat bisa menikmati kuliner khas semarang tersebut.

Semarang adalah ibu kota Provinsi Jawa Tengah yang memiliki ciri khas dari segi kuliner dan juga oleh olehnya. Kamu bisa menemukan beberapa toko oleh oleh yang menjual masakan khas secara lengkap.

Oleh oleh yang dijual juga bervariasi ada yang berjenis kering dan dikemas dalam bentuk kemasan kertas atau dus dan juga dalam bentuk mentahan atau basah yang artinya kamu perlu menggorengnya terlebih dahulu sebelum disantap.

Oleh-oleh Khas Semarang yang Sudah Dikemas

Adapun jenis oleh-oleh khas dari semarangyang pertama bisa kamu dapatkan dalam bentuk kering atau sudah dikemas. Biasanya oleh oleh jenis ini dapat dijadikan sebagai cemilan di saat santai atau bertemu keluarga.

Pertama ada Wingko Babat. Oleh oleh ini sangat terkenal karena rasanya yang khas terbuat dari tepung beras ketan, dicampur gula dan parutan kelapa. Tekstur makanan ini sangat unik dan cocok dinikmati saat santai.

Kemudian selanjutnya adalah Roti Ganjel Rel. Nama makanan ini memiliki sejarah yaitu warna roti yang berwarna cokelat mirip dengan kayu yang digunakan sebagai pengganjal rel kereta api.

Oleh oleh tersebut jika dimakan maka akan menyajikan cita rasa kayu manis yang khas. Beberapa media mengatakan bahwa keberadaan roti ini sudah cukup langka seiring berjalannya waktu.

Selanjutnya adalah Moaci. Oleh oleh satu ini mirip dengan ‘mochi’ khas Jepang terbuat dari tepung ketan dengan berbagai variasi isi seperti kacang lembut, gula merah, dan lain sebagainya.

Jenis Oleh-oleh dalam Bentuk Mentahan atau Basah

Selanjutnya adalah oleh oleh dalam bentuk mentahan/basah. Oleh oleh yang pertama adalah Bandeng Presto. Kamu bisa menikmati jenis masakan ini dalam bentuk frozen dan praktis hanya tinggal digoreng saja.

Selanjutnya adalah Lumpia. Walau sebenarnya kamu bisa membeli dalam kemasan yang sudah digoreng namun ada beberapa penjual yang menjual Lumpia dalam bentuk frozen.

Kamu juga bisa membeli tahu bakso khas semarang yang sangat enak dalam bentuk sudah dikukus ataupun frozen. Tentu saja variasi harga dari oleh-oleh khas Semarang ini sangat beragam tergantung jenis dan jumlahnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.