Menu Jajanan Jawa Timur Rumahan yang Mudah Dibuat

0 128

- Advertisement -

Jika kamu ingin memakan makanan ringan, menu jajanan Jawa Timur akan membantu kamu mendapatkan yang diperlukan. Jajanan dari daerah ini biasanya sangat nikmat dan dapat dimakan tanpa membuat kamu terlalu kenyang. Sesuai dengan konsep makanan ringan.

Makanan ringan pada dasarnya merupakan pengisi perut yang tidak mengenyangkan. Biasanya disantap sewaktu sela antara waktu makan. Karena pada momen-momen tersebut, perut biasanya ingin diisi, namun tanggung untuk memakan yang berat.

Jawa Timur sendiri memiliki banyak sekali jajanan yang dapat dijumpai. Namun, di kondisi sekarang, sebaiknya meminimalisir keluar rumah. Sebagai gantinya, kamu dapat membuat sendiri makanan pengisi perut kamu.

Apa Saja Menu Jajanan Jawa Timur yang Dapat Dibuat di Rumah?

Dalam membuat suatu hal sendiri, akan muncul rasa apresiasi terhadap keberhasilan tersebut. Bahkan rasanya akan lebih berkesan jika hanya membelinya. Jadi, ini adalah berbagai jajanan dari provinsi Jawa Timur yang dapat membanggakan kamu:

  1.  Urap Sayur Tradisional

Banyak yang mengakui Urap berasal dari daerah Jawa, tepatnya Jawa Timur. Makanan ini bisa dibilang sebagai salad versi tradisional. Dipenuhi dengan segala jenis sayuran dan dicampur dengan bumbu kelapa pedas.

Jajanan ini dapat dibuat dengan rumah dengan bahan-bahan yang gampang ditemui. Daun singkong, bawang, wortel, daun jeruk, merupakan beberapa bahan utama yang harus disiapkan. Selanjutnya adalah dengan mencampur semua bahan tersebut dan di uleg.

  • Sate Madura

Siapa sih yang tidak suka dengan sate? Menu jajanan Jawa Timur yang berasal dari Madura ini adalah Sate Madura. Makanan ini bahkan telah ada diseluruh wilayah Indonesia yang membuktikan bahwa sate ini memiliki kelezatannya.

Sate Madura dapat dibuat dengan olahan ayam yang dibakar, dan dibumbui dengan bumbu kacang. Bumbu khas sate madura ini juga tidak susah untuk dibuat. Hanya perlu menyiapkan kacang tanah, bawang, gula merah, dan beberapa lagi.

  • Orem-orem

Tipe jajanan ini mungkin masih asing ditelinga kamu. Tetapi untuk orang yang sudah pernah mencobanya, segala pujian akan dijumpai. Makanan ini juga berasal dari Jawa Timur, tepatnya dari Malang.

Orem-orem berbahan dasar irisan tempe yang digoreng, ayam, dan akan disiram dengan kuah sayur lodeh yang kental. Rasa kuah yang lezat sekaligus pedas akan meningkatkan selera kamu.

Nusantara dikenal dengan kulinernya yang beragam. Berkunjung ke Jawa Timur pastinya akan membuat kesan yang baik untuk menikmati kulinernya. Selain itu, kamu juga bisa membuat sendiri menu jajanan Jawa Timur dari rumah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.