Mengenal Istilah Ngabuburit, Tradisi Ramadhan dari Jawa Barat

0 106

- Advertisement -

Ngabuburit Tradisi Ramadhan

Mungkin sebagian orang, termasuk kamu belum paham betul untuk mengenal istilah Ngabuburit. Ngabuburit adalah salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan umat muslim di Indonesia untuk menunggu waktu berbuka. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk menunggu waktu berbuka.

Ngabuburit berasal dari bahasa sunda asal kata Burit atau dalam bahasa indonesia sore menjelang petang jadi ngabuburit adalah proses kegiatan menunggu datangnya berbuka puasa karena kalimat ngabuburit hanya di gunkan ketika bulan Ramadhan.

Ngabuburit ini dilakukan oleh semua kalangan, dari usia remaja hingga orang dewasa. Hanya saja, kini kegiatan ngabuburit harus sesuai dengan protokol kesehatan. Sebab, wabah virus corona masih belum terkendali di Indonesia.

Meskipun begitu, Anda tetap dapat melakukan kegiatan ngabuburit bersama keluarga, teman, dan pasangan sesuai dengan anjuran protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Mengenal Istilah Ngabuburit di Bulan Suci Ramadhan

Memang, setiap Negara memiliki tradisi tersendiri ketika memasuki bulan suci Ramadhan. Di Indonesia sendri, terdapat salah satu tradisi yang cukup unik untuk menunggu waktu berbuka puasa. Salah satunya adalah Ngabuburit. Ngabuburit adalah berbagai kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Umumnya, Ngabuburit ini adalah kegiatan berupa berburu takjil, mengunjungi pasar Ramadhan, hingga berjalan-jalan ke suatu tempat tertentu. Jadi, Ngabuburit adalah mengisi waktu luang dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Tentu saja, tradisi Ngabuburit ini hanya ada di Indonesia.

Apakah Tradisi Ngabuburit di Bulan Suci Ramadhan ini Diperbolehkan?

Tentu saja, tradisi Ngabuburit ini diperbolehkan bagi umat muslim di Indonesia. Sebab, Ngabuburit tidak membatalkan pahala puasa. Hanya saja, kamu harus mengisi waktu luang untuk menunggu berbuka puasa dengan kegiatan-kegiatan yang positif.

Selain berburu takjil hingga berjalan-jalan bersama, kamu juga bisa Ngabuburit dengan kegiatan positif lainnya seperti membaca Al-Qur’an, menggalang donasi bantuan sosial, hingga mengikuti kajian-kajian islam.

Jadi, tradisi Ngabuburit tidak hanya mengisi waktu luang untuk bersantai maupun bersenang-senang saja. Melainkan juga dapat diisi dengan kegiatan yang menambah pahala.

Sebab di bulan suci Ramadhan ini, Allah SWT melipatgandakan pahala umat islam yang menjalankan kegiatan positif, seperti tadarus Al-Qur’an hingga belajar kajian islam.

Ngabuburit merupakan salah satu tradisi unik dari Indonesia yang hanya ada selama bulan Ramadhan. Rata-rata, Ngabuburit hanya diisi dengan kegiatan berburu takjil hingga berjalan-jalan.

Padahal, kamu juga dapat melakukan kegiatan positif seperti mengaji hingga mengikuti kajian islami. Untuk itu, kamu wajib mengenal istilah Ngabuburit agar mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Leave A Reply

Your email address will not be published.