Masakan Khas Brebes Punya Cita Rasa yang Unik

0 36

- Advertisement -

Salah satu kota yang ada di Jawa Tengah yakni Brebes memiliki masakan khas Brebes. Membuat siapa saja tidak dapat melupakan rasanya ketika sedang menikmati.

Walau kota ini tidak memiliki lahan yang cukup luas. Tetapi beberapa kuliner yang terdapat di kota ini mampu menarik para wisatawan dalam negeri untuk sekedar berkunjung dan menikmati aneka kuliner.

Biasanya aneka kuliner yang dihidangkan dapat dengan mudah ditemui di sekitar masjid agung Brebes dan juga Alun Alun Brebes. Harga yang diberikan juga sangat bervariasi, tergantung dari jenis makanan yang kamu pesan namun tidak akan membuat kantong menjadi bolong karena harganya yang cukup mahal.

5 Masakan Khas Brebes yang Wajib Dicoba

Di kota Brebes ada banyak makanan khas yang wajib dicoba saat berkunjung atau melakukan perjalanan wisata. Berikut adalah makanan khas dari Brebes:

  1. Telur Asin

Pertama adalah Telur Asin. Sebenarnya telur asin sudah sangat sering ditemukan di setiap daerah, namun telur asin khas brebes ini disebut memiliki cita rasa yang khas sehingga wajib kamu coba jika sedang berkunjung.

  • Sate Blengong

Kedua yaitu Sate Blengong. Sate ini pertama kali dikenal ketika dijajakan di sekitar Alun Alun Brebes. Ciri khas sate ini adalah dimasak dengan cara ditumis bukan dengan dibakar seperti sate pada umumnya.

Jika telur asin yang digunakan adalah jenis telur bebek, maka sate blengong menggunakan daging bebek atau itik. Tidak seperti jenis sate lainnya yang menggunakan jenis daging ayam ataupun daging kambing.

  • Kupat Glabed

Ketiga ada Kupat Glabed. Masakan Khas brebes yang satu kurang lebih penampilannya hampir sama dengan jenis kupat lainnya. Terdapat tambahan daging sapi diatasnya dan biasanya juga disajikan bersamaan dengan sate blengong.

  • Kerupuk Tulang Bandeng

Keempat adalah kerupuk Tulang Bandeng. Tulang Bandeng ternyata dapat dijadikan kerupuk dan rasanya sungguh nikmat juga gurih. Kerupuk khas Brebes ini digunakan sebagai camilan atau pendamping saat makan nasi.

  • Nasi Lengko

Kelima yaitu Nasi Lengko. Nasi Khas Brebes ini menghidangkan tahu goreng, tauge, mentimun, dan tempe goreng sebagai pelengkap diatasnya. Kamu juga bisa menyantap nasi jenis ini dengan kerupuk tulang bandeng.

Makanan tersebut adalah lima kuliner populer yang wajib kamu coba. Jangan lewatkan kesempatan menikmati masakan khas Brebes saat berkunjung ke kota tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.