Makanan Tradisional Jawa Tengah dengan Cita Rasa Sempurna

0 346

Makanan tradisional Jawa Tengah ini cukup dikenal dan banyak orang yang menyukainya. Hal tersebut terjadi karena memang makanannya itu memiliki ciri khas dan juga cita rasa yang berbeda dari makanan lain.

Jika kamu juga sedang mencari makanan tradisional dari daerah tersebut yang dilengkapi dengan cita rasa sempurna, maka kamu telah berkunjung ke situs yang tepat karena dalam artikel ini akan terdapat pembahasan mengenai makanan tradisionalnya tersebut.

Daftar Makanan Tradisional Jawa Tengah

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki makanan tradisionalnya masing-masing. Hal tersebut terjadi karena memang Indonesia terdiri dari berbagai bangsa, suku, agama, bahasa, dan yang paling utama Indonesia memiliki kekayaan luar biasa akan rempah-rempah.

Begitu juga dengan daerah Jawa Tengah yang tentu saja mempunyai makanan tradisionalnya sendiri. Jika kamu juga penasaran mengenai hal tersebut, maka perhatikan pembahasan berikut ini.

  1. Nasi Liwet

Nasi liwet ternyata tidak hanya terdapat di daerah Jawa Barat saja, namun juga terdapat di Jateng dan termasuk ke dalam santapan tradisionalnya. Nasi liwet Jateng ini biasanya terdapat di daerah Surakarta atau Solo.

  • Enting-enting Gepuk

Enting-enting gepuk memiliki asal dari Salatiga, enting gepuk ini juga memiliki bahan dasar utama yaitu kacang tanah. Kacang tanah tersebut digepuk atau ditumbuk lalu dipadatkan, namun sebelum itu sudah dicampurkan lebih dulu dengan gula jawa agar semua bersatu.

  • Nasi Tiwul

Nasi tiwul sebenarnya tidak berbeda jauh dari nasi liwet. Hal tersebut dikarenakan nasi tiwel merupakan nasi liwet yang disajikan dengan beberapa potong ayam dan labu siam. Jadi perbedaannya hanya terletak pada potongan ayam dan labu siam saja.

  • Rondo Royal

Rondo Royal memiliki bahan dasar tape singkong yang di goreng bersama adonan tepung. Untuk rasanya, rondo royal memiliki rasa manis dan gurih. Lalu, tentu saja kamu tidak akan menemukan rondo royal ini di daerah lain.

Pastikan kamu mencicipi salah satu dari empat makanan tradisional dari Jawa Tengah diatas ketika berkunjung ke daerah tersebut, karena jika tidak maka sangat disayangkan sekali telah melewatkan makanan tradisional Jawa Tengah yang memiliki cita rasa sempurna tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.