Lumpia Basah Bogor dengan Cita Rasa Tradisional

0 76

- Advertisement -

Lumpia Basah Khas Bogor

Tidak hanya memiliki objek wisata yang beraneka ragam, Kota Hujan juga terkenal akan kuliner khasnya, salah satunya lumpia basah Bogor yang fenomenal. Bogor memang begitu dikenal dan seringkali menjadi pilihan wisatawan untuk berlibur.

Kuliner khas Bogor memang sangat unik dan menarik, soal cita rasa tentunya tidak perlu diragukan lagi. Hal ini karena kebanyakan kulinernya disajikan secara tradisional dan sudah dikenal sejak lama.

Kuliner Legendaris Kota Hujan, Lumpia Basah Bogor

Sebagaimana diketahui, lumpia basah adalah salah satu jajanan khas dari Jawa Barat yang wajib kamu coba jika berkunjung kemari. Selain rasanya yang lezat, lumpia juga cenderung membuat perut menjadi cepat kenyang.

Hingga saat ini, belum bisa dipastikan bagaimana asal usul terciptanya makanan unik berbalut kulit lumpia ini. Meskipun tidak sepopuler lumpia khas Semarang, namun cita rasanya tidak kalah enaknya.

Proses pembuatan lumpia basah ini sendiri juga tergolong mudah. Adapun seluruh bahan isian biasanya dimasak dalam kuali dengan bahan bakar arang.

Selanjutnya diberi bumbu tradisional berupa bawang, bumbu kencur, gula, hingga garam. Jika sudah siap, kamu bisa meletakkan semua isian tadi ke dalam kulit lumpia berlapiskan daun pisang.

Adapun bahan isian yang ditumis tadi, biasanya mengeluarkan minyak dan turut meresap hingga ke dalam lapisan kulit lumpia. Sehingga, kulit lumpia menjadi lebih lepek. Dari sinilah istilah lumpia basah tercipta.

Penyajian lumpia basah Bogor ini cukup mudah, kamu hanya perlu melipat bagian kulitnya lalu menutupi bagian atas tanpa harus digulung.

Adapun sensasi makan lumpia basah ini cukup unik, kamu hanya perlu merobek bagian kulit lumpianya agar isinya dapat keluar. Umumnya, kamu juga akan diberi sumpit berbahan bambu untuk bisa menikmati lumpia basah ini.

Cita rasa dari lumpia ini cenderung asin, manis, dan juga gurih. Tidak hanya itu, kamu juga bisa request lumpia basah dengan rasa pedas sesuai standar level yang kamu inginkan.

Perlu kamu ketahui bahwa untuk satu porsi lumpia basah dari Bogorini dibandrol seharga Rp 15 ribu saja loh! Harga yang terjangkau untuk jajanan pinggir jalan khas Bogor yang satu ini.

Memang banyak sekali makanan khas dari Bogor yang wajib dicoba saat berkunjung di kota hujan ini. Salah satunya adalah lumpia basah Bogor.

Leave A Reply

Your email address will not be published.