Kuliner Anti Mainstream Jawa Timur yang Wajib Dicoba

0 128

- Advertisement -

Kuliner anti mainstream Jawa Timur dapat mengobati rasa bosan terhadap makanan yang sering dijumpai di daerah tersebut. Makanan yang umumnya dijumpai pasti telah membuat bosan karena tidak ada yang beda dengan jenis makanan lainnya.

Berbicara tentang kuliner Nusantara memang tidak ada habisnya. Jika berkunjung ke Jawa Timur, kurang lengkap jika kamu tidak melakukan wisata kuliner. Apalagi, provinsi Jawa Timur tidak kalah dengan daerah lainnya terutama dalam hal makanan dan minuman.

Selain makanan terkenal lainnya seperti bakso malang, soto lamongan, dan lainnya, Jawa Timur masih memiliki makanan yang tidak biasa. Bahkan, ada beberapa makanan yang bisa dibilang aneh untuk bisa dimakan.

3 Rekomendasi Kuliner Anti Mainstream Jawa Timur

Terdapat banyak sekali resep yang tidak biasa didengar oleh masyarakat Indonesia. Jawa Timur juga mempunyai beberapa makanan lokal yang mungkin akan membuat kamu merasa asing. Tapi, kamu harus coba agar dapat merasakannya secara langsung.

  1. Rujak Soto

Pasti diantara kamu semua sudah tidak asing memakan soto. Apalagi rujak, banyak pedagang yang menjualnya disekitar tempat tinggal kamu. Namun, bagaimana jika rujak dan soto digabung?

Kuliner anti mainstream Jawa Timur ini merupakan perpaduan unik dari rujak sayur dengan soto. Asal dari makanan ini adalah Banyuwangi, Jawa Timur. Perpaduan dari makanan ini memberikan sensasi kesegaran dari sayur dengan gurihnya soto.

  • Dideh

Selanjutnya ada Dideh yang merupakan darah binatang yang dikukus. Hewan yang telah disembelih kemudian diambil darahnya dan selanjutnya dibekukan sebelum melakukan pengukusan.

Dideh ini bisa dimakan sendiri, juga bisa dipadukan dengan soto, gulai, hingga opor. Bagi yang menyukai darah, kuliner ini dibumbui dengan bumbu khas sehingga dapat memberikan rasa yang spesial juga.

  • Sate Biawak

Sudah bosan hanya memakan sate ayam, sapi, atau kambing? Biawak dapat menjadi referensi pengganti untuk pengalaman baru. Cara pengolahannya sama seperti sate biasa, yang membedakannya hanya jenis daging yang digunakan.

Meskipun terdengar aneh, makanan yang banyak dijumpai di daerah-daerah dalam Jawa Timur ini cukup banyak penggemarnya. Apalagi daging biawak dikenal dapat membantu penyembuhan beberapa penyakit kulit.

Jika mendengar beberapa makanan yang disebutkan diatas, mungkin kamu akan merasa geli. Padahal, ini hanya karena kamu tidak biasa mendengar makanannya saja. Jika sudah pernah merasakannya, kuliner anti mainstream Jawa Timur tersebut akan jadi kegemaranmu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.