Kue Khas Jawa Tengah yang Terbaik dan Enak

0 270

Kamu dapat dengan mudah menemukan beberapa kue khas Jawa Tengah ini di beberapa pasar tradisional pada kota besar di Indonesia seperti Jakarta. Daerah Jawa Tengah ini memang sejak dulu terkenal akan beraneka ragamnya kueh tradisional yang terkenal.

Ciri khas dari kue asal Jateng ini berasa manis dan menggunakan banyak sekali gula merah juga ditambah oleh kelapa parut. Hal tersebut terjadi karena kebanyakan masyarakat di daerah Jateng suka terhadap rasa manis.

Kuenya ini juga tentu sangat cocok untukmu yang suka terhadap rasa manis, kamu juga pasti akan menyukai kuenya tersebut dan akan ketagihan sehingga ingin selalu mencoba lagi. Jika sudah penasaran, mari kita cek kueh khas dari daerah Jateng ini.

Daftar Kue Khas Jawa Tengah Terbaik

Kue dari Jateng ini sangat terkenal karena memiliki berbagai macam rasa terutama rasa manis. Lalu, kuenya ini juga dapat ditemukan dimana saja terutama pada toko besar juga dikota besar seperti Bandung, Surabaya, dan lain sebagainya.

  1. Bakpia

Kamu tentu sudah mengenal kue yang satu ini bukan? Bakpia yaitu kue khas dari kota Yogyakarta yang sangat populer di Jateng. Kue ini dibuat dengan campuran kacang hijau serta gula dan dibungkus dalam adonan pia serta dipanggang sampai matang.

  • Kipo

Kipo meripakan kue ciri khas dari Kotagede, Yogyakarta. Kipo ini di buat menggunakan bahan dasar ketan, santan, gula merah, dan garam. Lalu, warna hijaunya berasal dari warna alam yaitu daun pandan atau daun suji.

  • Gatot

Gatot berasal daru gunung kidul yang memiliki rasa manis dengan teksturnya yang lumayan lengket. Kue tersebut terbuat daru ubi kayu atau ketela yang sudah dikeringkan. Selain lengket, Gatot juga mempunyai tekstur kenyal.

  • Jadah Manten

Jadah manten merupakan makanan yang dibuat memakai beras ketan dan diisikan oleh irisan daging ayam/sapi yang telah diberi bumbu memakai beragam rempah-rempah. Rasa dari makanan ini biasanya kental dan juga gurih

Keempat pilihan diatas merupakan sebagian kecilnya saja, artinya masih terdapat banyak kue khas Jawa Tengah terbaik yang dapat kamu coba dan nikmati dengan sangat enjoy.

Leave A Reply

Your email address will not be published.