Kicak, Camilan Buka Puasa dari Yogyakarta yang Wajib Dicoba

0 70

- Advertisement -

Kicak merupakan salah satu camilan buka puasa yang direkomendasikan. Jajanan asli dari Kota Yogyakarta ini memiliki cita rasa manis dan gurih. Sehingga, sangat cocok untuk disajikan sebagai makanan pembuka guna membatalkan puasa. Kicak ini sangat cocok jika disajikan dengan teh manis.

Oleh sebab itu, masyarakat Yogyakarta selalu menyantap kicak sebagai camilan pembuka yang pas dan menyehatkan. Ya, kamu wajib selektif untuk memilih makanan pembuka. Sebab, perut akan terasa begah jika kamu langsung mengkonsumsi makanan berat.

Fakta Menarik Seputar Kicak Sebagai Camilan Buka Puasa Khas Yogyakarta

Memang, Yogyakarta ini dikenal sebagai kota dengan sejuta camilan khas yang wajib kamu coba. Salah satu camilan khas Yogyakarta yang banyak diburu oleh para “pemburu” takjil adalah kicak. Ada beberapa fakta menarik terkait kicak sebagai camilan khas dari Yogyakarta. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Hanya Ada di Bulan Suci Ramadhan

Kicak ini adalah camilan khas Yogyakarta yang hanya kamu temui di bulan suci Ramadhan saja. Kicak ini adalah jenis camilan yang cukup unik dibandingkan jajanan khas Yogyakarta lainnya. Sebab, kicak ini sangat cocok dijadikan sebagai hidangan pembuka yang disajikan dengan teh panas atau es kolak pisang.

  • Dibuat Secara Tradisional

Untuk proses pembuatan camilan buka puasa khas Yogyakarta, seperti kicak ini cukup mudah. Bahkan, proses pembuatannya pun masih menggunakan alat-alat tradisional. Sehingga, cita rasa kicak ini cukup nikmat karena terbuat dari beras ketan dengan rasa gurih dan manis yang dihasilkan gula jawa dan parutan kelapa.

  • Banyak Dijual di Bazar Ramadhan

Bagi para “pemburu” takjil, kamu dapat membeli kicak di berbagai bazar Ramadhan yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya. Harga per bungkusnya sangat murah, yakni sekitar Rp. 1.000 hingga Rp. 3.000 per bungkusnya. Untuk itu, tak heran jika kicak cukup laris di bazar Ramadhan.

Kicak menjadi salah satu jenis camilan yang cocok untuk dijadikan sebagai jajanan berbuka puasa. Selain harganya murah, camilan ini terbuat dari bahan tradisional. Sehingga, kicak sebagai camilan buka puasa ini adalah makanan paling dicari selama bulan suci Ramadhan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.