Kebun Raya Cibodas, Tempat Menikmati berbagai Jenis Sakura

0 228

- Advertisement -

Kebun Raya Cibodas

Saat berkunjung ke Bogor, jangan lupa mampir di Kebun Raya Cibodas. Disini kamu akan menjumpai banyak koleksi tanaman dari seluruh dunia. Bahkan kamu bisa menikmati berbagai jenis bunga sakura.

Konsep alami dengan fasilitas lengkap menjadikan Cibodas menjadi favorit liburan akhir pekan. Tempat ini sangat cocok jika kamu menyukai pemandangan bunga berbagai warna untuk diabadikan dalam jepretan foto.

Salah satu daya tariknya ada pada beberapa jenis bunga sakura. Kamu pasti tahu bahwa bunga ini merupakan bunga khas dari Jepang, bukan? Namun, kamu bisa menikmatinya di kebun Cibodas.

7 Jenis Sakura di Kebun Raya Cibodas

Jika ingin menikmati suasana khas Jepang, maka kebun Cibodas merupakan salah satu tempat terbaik. Alasannya karena disini pengunjung bisa menemui 7 jenis bunga sakura sekaligus.

Beberapa jenis sakura yang berasal dari berbagai negara di dunia. Ada juga yang berasal dari Indonesia, misalnya adalah Prunus costata (Papua) serta Prunus arborea (Jawa).

Untuk bisa menikmati bunga sakura, maka kamu bisa mengunjunginya pada bulan Januari-Februari serta Juli-Agustus. Ada waktu sekitar 4 hari untuk menikmati keindahannya sebelum bunga mulai berguguran.

Taman Rhododendron atau yang Sering Disebut Tanaman Azalea

Rhododedron atau banyak orang menyebutnya tanaman azalea merupakan tanaman yang cukup unik. Merupakan salah satu tanaman semak dengan ketinggian bisa mencapai 1 meter dan biasanya hidup pada ketinggian 800-2400 mdpl.

Ada 3 koleksi tanaman azalea yang ada disini, yaitu Rhododendron mucronatum (Jepang), Rhododendron macgregroriae (Papua), serta Rhododendron javanicum (Jawa). Azalea Jawa kemudian dijadikan sebagai ikon kebun raya ini.

Dari sisi bentuk dan warna, Rhododendron merupakan tanaman yang cukup menarik. Misalnya saja pada Azalea Jawa dengan warna orange cerah. Keunikannya adalah bunganya mampu bertahan hingga 1 minggu setelah dipotong.

Taman Obat yang Berjumlah Sekitar 164

Sebagai sebuah kebun raya, tentu tidak lengkap jika tidak ada koleksi tanaman obat. Apalagi Jawa sendiri menjadi rumah bagi banyak tanaman obat herbal. Sebut saja dengan Centella asiatica atau pegagan.

Secara total ada sekitar 164 jenis tanaman obat yang tumbuh pada area seluas 3.000 m2. Koleksi tanaman obat bukan hanya ada dari Indonesia saja, melainkan seluruh dunia.

Bogor memang menjadi salah satu tempat yang menyediakan banyak tempat edukasi sekaligus rekreasi. Salah satu contohnya adalah Kebun Raya Cibodas dengan berbagai koleksinya, termasuk 7 jenis bunga sakura.

Leave A Reply

Your email address will not be published.