Jalur Pendakian Gunung Pakuwaja Dieng

0 107

- Advertisement -

Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah adalah salah satu tempat dengan  keindahan alam yang melimpah. Ada Gunung Prau, Bukit sikunir, kawah sikidang, Gunung Pakuwaja, dan tempat yang tak kalah indah lainnya. Nah untuk Gunung Pakuwaja mungkin sangat asing di telinga para traveller yang berkunjung ke daratan tinggi dieng, karena Gunung ini kalah Hits dengan Gunung Prau. Gunung Pakuwaja ini terletak di Desa Parikesit, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Konon katanya menurut warga sekitar nama Gunung Pakuwaja diambil dari kata Paku Jawa yang artinya di gunung ini terdapat paku yang apabila dicabut seluruh pulau jawa akan terkena dampaknya. Nah itu hanya mitos ya kawan-kawan.

Basecamp Punung Pakuwajavia Parikesit ini berada di pinggir jalan tepatnya sebelum gapura yang bertuliskan “KAWASAN DIENG PLATEAU” abaila kawan-kawan dari arah bawah Wonosobo atau sebelum basecamp pendakian gunung Prau via Patak Banteng. Selain tempat untuk beristirahat di Basecamp Parikesit ini tersedia juga tersedia kamar mandi dan mushola.

Untuk mendaki ke Gunung Pakuwaja sendiri kawan-kawan hanya perlu membayar Rp. 10.000.,  saja. Itu sudah termasuk biaya ojek dari basecamp sampai batas pemukiman dan kebun warga. Namun apabila kawan-kawan menginap di basecamp Pakuwaja via Parikesit itu akan dikenakan biaya untuk perawatan dan juga kebersihan sebesar Rp. 10.000.,

Ketika sudah membayar tiket untuk mendaki ke gunung Pakuwaja kawan-kawan akan diantar oleh ojeg ke batas pemukiman dan kebun warga. Usai dari sana kawan-kawan akan berjalan kaki melewati kebun warga dengan jalan yang tidak terlalu nanjak sekitar kurang lebih satu jam.

Ketika sudah sampai di vegetasi antara kebun dan hutan kawan-kawan kawan akan melakukan pendakian yang sebenarnya karena untuk menuju Pos 2 atau Pos tanjakan perawan kita melewati tanjakan dengan kemiringan yang hampir 70 drajat. Dari pos 2 sampai pos 3 kawan-kawan akan melewati jalur yang ditutupi dengan ilalang yang tinggi. Usai melewati ilalang yang tinggi dengan kemiringan yang tidak terlalu exstrim lita akan di suguhi tanjakan Batu Meteor dengan kemiringan hampir 80 drajat. Ketika sudah sampai atas kawan-kawan akan mencium bau blerang karena gunung pakuwaja ini masih memiliki kawah yang aktif. Nah sebelum ke puncak kawan-kawan akan berjalan di punggungan antara jurang lembah dan jurang kawah.

Setelah melewati punggungan akan sampai di area camp pertama atau puncak bayangan, disini jalur terbagi menjadi dua, antara lurus menuju ke puncak Pakuwaja dengan ketinggian 2.421 meter diatas permukaan laut dan belok ke kiri lalu turun untuk sampai ke area camp yang kedua.

Untuk kawan-kawan yang ingin mendaki ke Gunung Pakuwaja ini persiapakan fisik,mental serta alat yang mumpuni. Karena gunung pakuwaja ini memiliki jalur yang tertutup ilalang dan hindari pendakian malam untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan.

Segera berkemas mari bergegas lanjutkan petualangan menuju tempat yang indah di seluruh dunia. Selamat bertualang!

Leave A Reply

Your email address will not be published.