Jajanan Ramadhan Khas Yogyakarta yang Wajib kamu Coba

0 75

- Advertisement -

Jajanan Ramadhan khas Yogyakarta menjadi salah satu rekomendasi menu buka puasa. Sebab, jajanan khas Yogyakarta ini memiliki cita rasa manis dan sangat ringan untuk dimakan. Sehingga, dapat kamu sajikan sebelum menyantap menu makanan utama.

Sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad, bahwa disunnahkan untuk mengkonsumsi makan-makanan manis seperti kurma dan air putih untuk membatalkan puasa dan langsung melaksanakan Sholat Maghrib. Apabila tidak ada kurma, maka jajanan khas Yogyakarta ini dapat disajikan sebagai makanan pembuka untuk membatalkan puasa.

Jenis-Jenis Jajanan Ramadhan Khas Yogyakarta yang Diminati oleh Semua Kalangan

Jajanan khas Yogyakarta ini tidak perlu diragukan lagi perihal rasanya. Sebab, jajanan dari Kota Yogyakarta ini terbuat dari bahan alami dan tidak menggunakan campuran bahan penyedap kimia.

Oleh sebab itu, jajanan tersebut sangat tepat untuk dijadikan sebagai hidangan pembuka. Untuk itu, ini dia beberapa jenis jajanan Ramadhan dari Kota Yogyakarta yang wajib kamu coba. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Jadah Tempe

Jadah tempe menjadi salah satu jenis camilan ringan yang cocok untuk disajikan selama bulan suci Ramadhan. Jadah ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan parutan kelapa serta gula.

Kemudian dikukus. Sedangkan, untuk pasangannya ini terbuat dari tempe yang diberi dibumbu bacem. Alhasil, jadah tempe sangat cocok disajikan saat hangat ditemani dengan segelas teh panas.

  • Gatot

Gatot menjadi salah satu jajanan Ramadhan khas Yogyakarta yang wajib kamu coba. Gatot ini terbuat dari fermentasi singkong yang disajikan dengan parutan kelapa. Gatot ini memiliki tekstur kenyal dengan rasa manis dan gurih.

Sehingga, jajanan ini sangat cocok untuk dihidangkan sebagai makanan pembuka di bulan suci Ramadhan.

  • Geplak

Geplak juga menjadi salah satu jajanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Kota Yogyakarta selama bulan Ramadhan. Makanan yang terbuat dari tepung beras, gula jawa, dan parutan kelapa ini memiliki cita rasa manis dan gurih. Maka tidak heran jika Geplak menjadi camilan yang wajib dikonsumsi untuk membatalkan puasa.

Salah satu sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad adalah membatalkan puasa dengan makanan manis dan air putih. Untuk itu, kamu dapat mencoba beberapa jajanan Ramadhan khas Yogyakarta sebagai hidangan pembuka untuk membatalkan puasa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.