Inilah Manfaat Kurma untuk Buka Puasa, Sehat dan Berpahala

0 147

- Advertisement -

Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa manfaat kurma untuk puasa sangat baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena buah asal timur tengah tersebut kaya akan kandungan nutrisi baik.

Nah, kali ini kami akan membahas apa saja manfaat buah kurma sehingga kamu perlu mempertimbangkannya sebagai menu utama saat berbuka puasa. Lantas, apa saja manfaat baik tersebut? Berikut ini jawabannya.

Manfaat Kurma untuk Buka Puasa bagi Kesehatan

Kurma adalah buah wajib yang paling banyak dicari ketika memasuki bulan suci Ramadhan. Ini tidak mengherankan, karena makanan berjuluk buah Nabi tersebut memang memiliki segudang manfaat disertai memiliki rasa manis yang khas.

  1. Sumber Energi yang Baik

Seharian berpuasa dan melakukan banyak aktivitas tentunya menguras energi dan bisa membuatmu lemah. Berdasarkan penelitian, buah Nabi ini diketahui memiliki banyak kandungan seperti karbohidrat, gula, protein, vitamin B6, hingga berbagai mineral.

Kandungan gula di buah ini cukup tinggi, sehingga buah ini baik sekali untuk mengisi kembali energi yang terkuras seharian. Jadi, setelah mengonsumsi beberapa buah, stamina kamu bisa kembali kuat.

  • Membantu Meringankan Anemia

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia sehingga membuat tubuh menjadi lemas dan cepat lelah. Ini tentunya tidak baik saat berpuasa karena bisa mengganggu aktivitas sekaligus kualitas ibadah kamu.

Nah, manfaat kurma untuk buka puasa selain sebagai sumber energi juga dapat meringankan gejala anemia. Ini karena buah bercita rasa manis dan legit tersebut diketahui memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

Menjalankan Sunnah Nabi Muhammad SAW

Siapa sangka berbuka dengan buah ini ternyata juga disunnahkan oleh Rasulullah. Artinya jika kamu melakukannya, itu berarti mengikuti sunnah Rasul sehingga bisa terhitung pahala. Berbuka dengan kurma adalah salah satu kebiasaan Nabi.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, dijelaskan bahwa Rasulullah biasanya menyantap ruthab atau kurma basah saat berbuka puasa. Jika tidak ada, maka beliau memilih kurma kering.

Maka dari itu, jangan lewatkan untuk mengikuti sunnah Nabi dengan menyantap buah ini sebelum makan makanan berat. Namun, sebaiknya menikmatinya secukupnya saja dan tidak berlebihan.

Kurma menjadi buah primadona kala Ramadhan tiba. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis kurma yang bisa kamu beli. Manfaat kurma untuk buka puasa bukan hanya bagus bagi kesehatan tetapi juga mendapatkan pahala sunnah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.