Harga Tiket Masuk Kawah Wayang Pangalengan Bandung

Sekolah Alam Kawah Wayang sambil menikmati kopi khas nya

0 54

- Advertisement -

Rasanya Bandung menjadi salah satu kota yang dituju untuk berwisata alam. Apalagi Bandung selatan, lebih tepatnya di Pangalengan setelah Situ Cileunca, Pemandian Air Panas Cibolang dan Cukul Sunrise Point ada juga Kawah Wayang.

Kawah Wayang Pangalengan
Kawah Wayang Pangalengan

Lokasi wisata yang indah ini berada di kaki gunung Wayang Dengan ketinggian sekitar 1800 Meter Diatas Permukaan Laut. Penamaan Kawah wayang ini ditandai dengan adanya Batu mirip wayang di puncak Bendera satu Gunung Wayang. Menurut Mitosnya ini karena dahulu ada seorang Dalang wayang yang sering Betapa di Gunung Wayang sehingga Dalang tersebut bisa mahir berwayang.
Untuk lokasi wisata ini sendiri berada di Desa Sukamanah Kecamatan Pangalengan. Dan dikelola oleh Perum Perhutani KPH Bandung Selatan, BKPH Pangalengan RPH Wayang Windu bekerjasama dengan LMDH Sukamanah Wayang Hejo dengan Kelompok Tani Hutan Desa Sukamanah.

Kawah Wayang Pangalengan Bandung
Kawah Wayang Pangalengan

Untuk Harga Tiket masuk Kawah Wayang ini sebesar Rp. 10.000, untuk menuju ke tempat ini Kawan-kawan akan melewati anak tangga Sekitar 15 Menit dari Parkiran. Ada juga tempat untuk beristirahat atau gajebo dengan halaman yang luas.
Di halaman Gajebo juga bisa Camping untuk biaya camping sendiri sebesar Rp. 15.000., namun dikarenakan Pandemi Covid-19 untuk sementara kegiatan Camping tidak di ijinkan.
Setelah cape naik dan turun tangga dari tempat pertapaan dalang ini, kawan-kawan bisa langsung merendam kaki di Air Panas langsung dari Kawah. Karena disana telah Disediakan Kolam yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan. Selain kolam Air Panas ada juga Aula, Disini kita bisa menghangatkan tubuh dengan Perapian.

Wisata Kawah Wayang Pangalengan Bandung
Wisata Kawah Wayang Pangalengan Bandung

Sambil berendam Air panas atau menghangatkan badan di depan api unggun. Lebih enak lagi sembari minum kopi asli dari Pangalengan yaitu kopi Gunung Wayang. Untuk kopi ini bisa juga dibawa pulang ada Kemasan 250 gr sampai 1 kg Roasbeans dan juga kemasan Dripbag. Untuk kemasan 250 gr bisa dibawa pulang dengan membayar terlebih dahulu sebesar Rp. 100.000., sementara untuk kemasan Dripbag nya hanya Rp. 12.000

Kopi Gunung Wayang di Kawah Wayang
Kopi Gunung Wayang di Kawah Wayang

Rencananya di area wisata ini akan dibangun Sekolah Alam. Yang nantinya akan dibuka untuk umum. Untuk kegiatan di Sekolah Alam ini akan ada pengenalan berbagai macam Tumbuhan dan buah-buahan dari mulai menanaman, perawatan hingga panen. Untuk durasi Sekolah Alam ini rencananya akan dilakukan 3 jam dalam Satu pertemuan.
Untuk kawan-kawan yang akan berkunjung ke kawah Wayang ini bisa menghubungi contact personnya yaitu Bpk. Agus 081222501771. Dan  jangan lupa dengan Protokol Kesehatan dan juga kebersihan Alam, mari kita jaga Alam kita. Semangat Berwisata!!!

Leave A Reply

Your email address will not be published.