Es Bir Kotjok Khas Bogor, Minuman Segar Menyehatkan

0 121

- Advertisement -

Bir Kotjok Khas Bogor

Apabila mendengar kata Bir, tentunya akan mengarah ke minuman beralkohol, namun lain halnya dengan es bir kotjok khas Bogor yang satu ini. Jenis bir satu ini tidak memabukkan, melainkan menyehatkan.

Tergolong menjadi salah satu minuman kesehatan, es bir kotjok ini rupanya terbuat dari bahan-bahan alami. Adapun minuman khas Bogor ini sudah sejak lama dikenal masyarakat, bahkan sangat fenomenal.

Es Bir Kotjok Khas Bogor, Bir Sehat dari Bahan-bahan Alami

Adapun minuman kesehatan khas Bogor ini memang sudah ada sejak bertahun-tahun lamanya. Konon, minuman unik ini terbuat dari bahan rempah yang penuh khasiat dan baik untuk kesehatan tubuh.

Salah satu penjual es bir kotjok khas dari Bogoryang legendaris adalah Bir Kotjok Abah. Adapun bir legendaris satu ini sudah eksis dan banyak dikenal masyarakat Bogor sejak 1965 silam.

Minuman ini selalu ramai pembeli, tidak mengenal musim baik itu kemarau hingga hujan sekalipun. Biasanya, bir kotjok ini mulai berjualan dari pukul 9 pagi hingga setengah 6 sore.

Pada awalnya, racikan bir kotjok ini dahulu hanya ada dan dijumpai pada acara-acara perayaan pernikahan di kampung. Sehingga, dahulu minuman ini dikenal sebagai bir pengantin.

Ya, bir kotjok ini memang kerap menjadi minuman khas penyambut tamu yang sering disajikan ketika acara pesta pernikahan. Terbuat dari olahan cengkeh, jahe, kayu manis, gula pasir dan juga aren.

Adapun bahan-bahan alami yang digunakan tersebut dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit, seperti masuk angin hingga melancarkan sirkulasi darah. Jika tidak menggunakan es, maka sangat baik untuk mengatasi pegal-pegal.

Minuman bir kotjok ini juga diproses dengan cara pembuatannya yang unik, yaitu di kocok. Di mana busa yang dihasilkan berasal dari perpaduan cengkeh dan kayu manis, itulah mengapa bisa mirip dengan bir.

Terlebih lagi jika kamu mengkonsumsi minuman ini dengan tambahan es batu, tentu akan terlihat layaknya gelas bir dingin. Selain itu, bir kotjok ini sepintas juga hampir mirip dengan bir pletok Betawi. Akan tetapi, bir kotjok dan bir pletok memiliki perbedaan pada bahan rempah yang digunakan. Meskipun disajikan dingin.

Namun bir kotjok ini masih terasa hangat ketika di tenggorokan. Pembahasan mengenai es bir kotjok khas Bogor, dapat menjadi rekomendasi minuman sehat yang bisa kamu konsumsi sehari-hari tanpa takut adanya efek samping.

Leave A Reply

Your email address will not be published.