Cungkring Bogor, Kuliner Khas dari Dasar Kaki Sapi

0 204

- Advertisement -

Cungkring Bogor

Cungkring Bogor menjadi salah satu kuliner khas jika kamu singgah di daerah tersebut. Disini, kuliner tersebut sangat populer sebagai hidangan pembuka. Bahkan sering dijadikan sebagai sarapan sebelum berangkat kerja.

Bogor memang terkenal dengan kuliner dengan harga murah meriah. Tidak heran jika setiap jajanan pinggir jalan selalu menyuguhkan makanan menarik dengan harga sangat terjangkau, begitu juga dengan kuliner cungkring.

Menariknya, kuliner Cungkring menggunakan dasar kulit sapi. Ada beberapa bagian sapi yang sering dipakai untuk membuat kuliner tersebut. Hal tersebut membuatnya cukup menarik dan memiliki banyak penggemar.

Cungkring Bogor Memiliki Isian Sangat Lengkap

Salah satu yang membuat banyak orang menyukai kuliner Cungkring adalah karena punya isian lengkap. Tidak heran dalam 1 porsi saja seseorang bisa langsung merasakan kenyang lebih cepat.

Dalam 1 porsi, kamu akan menjumpai potongan tempe goreng, lontong, potongan kikil, serta rempeyek. Apalagi semua isian tersebut disiram dengan kuah bumbu kacang bersama campuran kecap manis.

Bagi kamu yang suka dengan makanan kuah kacang, tentu saja ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Rasa gurih dari bumbu kacang dan rasa manis kecap bersatu bersama isian lain.

Bungkus Daun Pisang yang Membuat Aroma Makanan Lebih Nikmat

Beberapa orang menilai bahwa daun pisang bisa membuat aroma dan rasa makanan menjadi lebih nikmat. Oleh sebab itu, beberapa pedagang Cungkring sering menggunakan daun pisang sebagai bungkusnya.

Biasanya, ada dua lapis bungkus yang akan digunakan. Lapisan dasar adalah kertas minyak untuk menjaga supaya tidak tumpah. Sedangkan diatasnya baru dilapisi daun pisang supaya aromanya meningkat.

Menariknya, jika kamu membelinya di pedagang pinggir jalan, kamu tidak akan menjumpai sendok. Cara memakannya adalah menggunakan tusuk bambu sebagai salah satu bentuk ciri khas kuliner asal Sunda.

Cungkring Bogor Sudah Ada Sejak Lama

Ternyata, sajian makanan ini sudah ada sejak lama, bahkan sejak tahun 1975. Diawali oleh penjual keliling dan kemudian jejaknya mulai diikuti oleh orang lain hingga saat ini.

Apalagi banyak orang sangat suka dengan kuliner Cungkring. Oleh sebab itu, bukan hanya pedagang pinggir jalan saja yang menawarkannya, namun beberapa rumah makan juga menyediakannya.

Salah satu makanan khas yang biasa dijumpai ketika singgah di Bogor tentu saja harus dinikmati dengan benar. Apalagi Cungkring Bogor menjadi salah satu jajanan yang sangat populer.

Leave A Reply

Your email address will not be published.