Belajar Hikmah Ramadhan dari Tradisi Mattunu Sulong

0 85

- Advertisement -

Sebagai umat muslim, kamu dapat belajar hikmah Ramadhan dari salah satu tradisi dari Polewali Mandar yakni Mattunu Sulong. Tradisi yang masih dilaksanakan oleh umat islam di Polewali Mandar, Sulawesi Barat ini memang mengandung nilai dan hikmah dari bulan suci Ramadhan.

Untuk itu, tradisi Mattunu Sulong masih dijalankan oleh umat muslim di Polewali Mandar setiap satu hari sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Masyarakat muslim di Polewali Mandar percaya bahwa tradisi Mattunu Sulong ini memiliki hikmah tersendiri.

Tradisi ini sendiri telah ada sejak zaman nenek moyang. Hingga kini, tradisi tersebut masih dilakukan oleh masyarakat muslim di Polewali Mandar. Sebab, masyarakat percaya bahwa cahaya dari Sulong mampu menerangi jiwa untuk memerangi hawa nafsu di bulan suci Ramadhan.

Belajar Hikmah Ramadhan Melalui Tradisi Mattunu Sulong

Ada berbagai pelajaran hidup yang dapat dipetik dari tradisi Mattunu Sulong dari Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Mempelajari tentang berkah dan hikmah di bulan Ramadhan memang dapat bersumber dari mana saja, termasuk dari tradisi yang diwariskan oleh nenek moyang. Maka dari itu, ini dia beberapa hikmah yang dapat dipelajari dari tradisi Mattunu Mulong. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Kesederhanaan dalam Hidup

Mattunu Sulong memang mengajarkan setiap manusia, khususnya umat muslim untuk tetap sederhana dalam menjalankan hidup.

Hal ini dilihat dari penggunaan Sulong sebagai obor. Semua orang, baik dari kalangan orang mampu maupun dan tidak mampu semua menggunakan Sulong yang sama.

  • Menuntun ke Jalan yang Diridhai Allah

Tradisi Mattanu Sulong ini dapat diartikan sebagai perjalanan spiritual menuju cahaya Ilahi. Sebab, api yang menyala pada Sulong ini dipercaya sebagai perwujudan rahmat Allah kepada hambanya.

Ya, bulan suci Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan. Dengan menyalakan api pada Sulong sebelum memasuki bulan suci Ramadhan, maka masyarakat muslim di Polewali Mandar percaya bahwa api tersebut adalah perwujudan rahmat dan berkah dari Allah SWT.

Mattunu Sulong merupakan salah satu budaya tradisi yang telah ada sejak zaman nenek moyang untuk memperingati bulan suci Ramadhan.

Tradisi ini mengandung hikmah dalam pelajaran hidup. Maka dari itu, kamu dapat belajar hikmah Ramadhan dari tradisi Mattunu Sulong dari Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.