Beberapa Makanan Khas Jawa Timur yang Terkenal

0 54

- Advertisement -

Jika berbicara soal makanan khas Jawa Timur, pasti ada beberapa yang kamu tahu. Jawa Timur juga merupakan salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan kulinernya. Namun, di samping itu semua, masih ada beberapa makanan yang kurang dikenal.

Jawa Timur, salah satu provinsi terbesar di Indonesia yang beribukota di Surabaya. Jika berkunjung kesana, kurang lengkap tanpa melakukan pemburuan kulinernya. Apalagi masih ada beberapa makanan yang enak, namun kurang terkenal.

Umumnya, Jawa Timur diketahui memiliki makanan khas seperti Sate Madura, soto lamongan, pecal madiun, dan beberapa lagi. Itu dikenal berasal dari Jawa Timur karena terdapat nama daerahnya. Kami akan memberikan contoh lainnya lagi.

Makanan Khas Jawa Timur yang Jarang Diketahui

Jawa Timur memiliki kuliner yang beranekaragam. Mulai dari yang pedas, manis, hingga asin dan semuanya dapat menggugah selera kamu. Di samping yang sudah terkenal, ini masih ada beberapa makanan yang asalnya Jawa Timur tetapi jarang yang tahu asalnya, diantaranya:

  1. Gado-Gado

Semua orang pasti pernah memakan atau setidaknya melihat gado-gado. Makanan ini sudah sangat gampang untuk ditemukan di kota-kota Indonesia. Namun, apakah kamu tahu bahwa gado-gado berasal dari Jawa Timur?

Makanan ringan yang satu ini didominasi oleh potongan sayuran yang ditambah dengan tahu, tempe dan telur. Rasa yang segar dan enak ini membuat makanan ini sangat digemari. Ternyata, gado-gado asalnya adalah Surabaya.

  • Pecel Lele

Pecel satu ini berbeda dengan jenis pecel yang biasa. Pecal yang satu ini menggunakan lele sebagai menu utamanya dan disiram dengan sambal pedas. Ternyata pecel ini asalnya dari Jawa Timur.

Pecel lele banyak dianggap berasal dari Jawa Tengah. Namun ternyata, makanan ini khas Jawa Timur. Rasanya yang sedap dan dipadukan dengan sambal membuat makanan ini banyak digemari hingga seluruh kota di Indonesia.

  • Rujak Cingur

Selanjutnya ada rujak cingur yang aslinya berasal dari Surabaya. Rujak pastinya dikenal dengan rasa segar dari buah-buahannya. Dan rujak cingur berhasil membuat rujak dengan rasa yang lebih enak lagi dengan bumbu spesialnya.

Edukasi tentang asal suatu makanan sebenarnya sangat perlu dilakukan. Selain karena menambah informasi, pengetahuan ini juga bisa membanggakan kita sebagai orang dari daerah tersebut. Untuk jawa timur, tidak semua jajanan khas jawa timur yang dikenal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.