Asinan Khas Bogor, Resep dan Cara Membuatnya

0 147

- Advertisement -

Asinan Bogor

Asinan khas Bogor mungkin menjadi salah satu kuliner yang paling banyak dicari saat sedang berkunjung ke sana. Rasa serta citarasa yang unik menjadi alasan mengapa banyak orang menyukainya.

Salah satu yang menarik adalah karena asinan ini cukup berbeda dengan asinan lain. Jika asinan asal Betawi menggunakan sayuran, maka asinan asal Bogor menggunakan buah-buahan sebagai gantinya.

Namun jangan khawatir, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa perlu kerepotan. Ini karena cara membuatnya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Asinan Khas Bogor

Untuk membuatnya sendiri sebenarnya caranya cukup mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Kamu cukup menyiapkan beberapa bahan-bahan yang dibutuhkan mulai dari buah-buahan hingga beberapa jenis bumbu.

Selain beberapa jenis buah, kamu juga perlu menyiapkan kuah asinan. Siapkan gula, asam jawa kental, kacang goreng, cabai merah keriting, cabai rawit merah, air, garam, serta terasi.

Untuk buahnya sendiri kamu bisa memilih sesuai selera. Biasanya kebanyakan orang lebih memilih mangga, nanas, dan kedondong karena lebih mudah didapatkan. Namun jika ingin lebih bisa ditambahkan dengan buah lainnya.

Haluskan Semua Bumbu yang Sudah Disiapkan

Setelah semua bahan telah siap, maka hanya perlu menghaluskan bumbunya. Masukkan semua bumbu ke blender. Kamu bisa menghaluskannya dengan cara manual jika ingin mendapatkan citarasa berbeda.

Setelah itu, siapkan panci untuk memasak air dan membuat kuahnya. Tuangkan semua bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya. Tambahkan garam, asam jawa, serta tambahkan sedikit cuka ke dalam rebusan tadi.

Tunggu beberapa saat hingga muncul bau harum dari rebusan tersebut. Cicipi apakah rasanya sudah sesuai selera atau belum. Sesuaikan saja jika masih kurang asam atau kurang asin.

Asinan Khas Bogor Siap Disajikan

Jika kuahnya sudah siap, maka langkah terakhir adalah menyajikannya dalam mangkuk. Isi dengan beberapa buah yang telah disiapkan sebelumnya. Tuang kuah asinan tersebut, sesuaikan saja banyak atau tidaknya.

Tambahkan kacang goreng sebagai pelengkap. Jika sudah, maka kuliner khas Bogor tersebut bisa kamu nikmati sendiri atau bersama orang lain. Biasanya waktu terbaik menikmatinya adalah pagi atau sore hari.

Karena cara membuatnya cukup mudah banyak orang tertarik membuatnya sendiri di rumah. Apalagi, asinan khas Bogor ini memiliki citarasa yang sangat unik dan sangat cocok untuk lidah banyak orang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.