5 Makanan Tradisional untuk Buka Puasa dari Berbagai Daerah

0 121

- Advertisement -

Tahukah kamu bahwa makanan tradisional untuk buka puasa berbeda dari satu daerah dengan lainnya? Indonesia yang terdiri dari bermacam-macam suku bangsa menjadikan kulinernya sangat kaya.

Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, tidak mengherankan jika berbagai daerah di Indonesia memiliki ragam kuliner tersendiri dalam menyambut bulan Ramadhan. Nah, kali ini kami akan mengulasnya agar kamu lebih tahu.

5 Makanan Tradisional untuk Buka Puasa yang Patut Dicicipi

Memasuki bulan Ramadhan, salah satu aktivitas paling dirindukan adalah berburu makanan menjelang berbuka. Berbagai daerah memiliki hidangan khas masing-masing dalam meramaikan bulan suci umat Islam tersebut. Berikut ini 5 diantaranya.

  1. Kicak, Sajian Buka Puasa Khas Yogyakarta

Kicak adalah makanan asal Yogyakarta yang tergolong dalam jajanan kue basah. Kudapan ini dibuat dari ketan kemudian ditumbuk halus. Lalu di bagian atasnya ditaburi parutan kelapa dan toping potongan nangka.

Rasa manis bercampur gurih semakin istimewa dengan aroma nangka yang khas. Kamu bisa menyantap kicak sebelum beralih ke makanan berat seperti nasi dan berbagai lauk pauk.

  • Pakat, Hidangan Tradisional Tapanuli

Pakat adalah makanan daerah asal Tapanuli, provinsi Sumatra Utara yang hanya bisa kamu jumpai ketika bulan Ramadhan saja. Pakat terbuat dari batang rotan yang dimasak dengan cara memanggangnya.

Bagian yang diambil untuk dikonsumsi yaitu bagian dalam berwarna putih. Bagian tersebut kemudian dipotong dengan ukuran pendek lalu dinikmati bersama taburan serundeng.

  • Bingka, Kue Manis dari Banjarmasin

Bingka adalah makanan tradisional untuk buka puasa asli Banjarmasin berupa kue berbentuk bunga. Kue bingka terbuat dari adonan tepung yang dicampur santan serta gula jawa. Rasanya manis dan gurih sehingga cocok untuk teman buka puasa.

  • Sotong Pangkong, Hidangan Gurih Khas Pontianak

Sotong pangkong terbuat dari sotong yang dimasak dengan cara diasap menggunakan bara. Agar teksturnya lebih lembut, sotong tersebut kemudian ditumbuk. Sajian khas Ramadhan ini biasa disantap dengan saus kacang atau saus udang.

  • Sate Susu, Santapan Berbuka dari Bali

Umat muslim di Pulau Dewata saat memasuki Ramadhan biasanya menyajikan sate susu. Makanan ini terbuat dari ambing sapi dan diolah berama beraneka macam rempah khas Indonesia. Cara memasaknya yaitu dipanggang sampai matang.

Setiap daerah di Indonesia rupanya menyambut bulan suci Ramadhan dengan beragam kuliner lezat yang khas. Aneka jenis makanan tradisional untuk buka puasa tersebut bisa kamu cicipi bersama keluarga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.