5 Makanan Khas Ramadhan yang Wajib Ada Saat Buka Puasa

0 246

- Advertisement -

Saat memasuki bulan puasa, beraneka macam makanan khas Ramadhan sangat mudah ditemukan di pedagang kaki lima hingga restoran. Bulan suci bagi umat Islam tersebut memang selalu memiliki ciri khas tersendiri.

Selain semangat dalam menjalankan ibadah puasa, di bulan tersebut berbagai kuliner lezat menjadi sesuatu yang wajib dihidangkan kala menanti bedug maghrib. Maka tidak mengherankan jika setiap sore banyak orang berburu kuliner khas bulan puasa.

5 Makanan Khas Ramadhan untuk Berbuka

Buka puasa identik dengan makanan manis karena bisa membuat kamu berenergi kembali setelah seharian berpuasa dan menjalani berbagai aktivitas. Nah, berikut ini 5 jenis makanan yang sering dijadikan menu buka puasa.

  1. Kolak, Sajian Takjil Gurih nan Manis

Kolak merupakan hidangan minuman yang biasanya dihidangkan dalam kondisi hangat ataupun dingin. Minuman ini berupa kuah manis berwarna coklat yang sangat gurih karena mengandung santan kelapa.

Sementara untuk isiannya bisa terdiri dari bermacam-macam bahan. Misalnya pisang manis, labu manis, kolang-kaling, hingga ubi. Meskipun termasuk dessert, namun kolak sering dinikmati sebagai menu pembuka.

  • Gorengan, Hidangan Rakyat Murah Meriah

Orang Indonesia tentu tidak asing dengan gorengan. Tidak jarang aneka macam gorengan menjadi pendamping utama sebelum makan besar. Aneka gorengan yang disantap kala berbuka diantaranya bakwan, tahu isi, tempe mendoan, dan sebagainya.

  • Kurma, Menu yang Disunnahkan Nabi

Kurma merupakan makanan khas Ramadhan yang tentunya laris manis terjual. Rasa manisnya serta kandungan karbohidrat tinggi menjadikan kurma baik untuk berbuka. Di samping itu, kurma juga diminati karena merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW.

  • Bubur Candil, Manis dan Lembut

Bubur candil memiliki rasa gurih juga manis dari gula jawa dan santan. Kandungannya juga tinggi karbohidrat sehingga cocok untuk mengembalikan energi selepas berpuasa. Bubur candil bertekstur lembut, sedangkan bentuknya seperti kelereng.

  • Jongkong, Takjil Khas Asal Medan

Jongkong berasal dari Medan dan banyak dijadikan sebagai menu utama ketika buka puasa. Bahan utamanya adalah tepung beras, lalu dibungkus daun pisang sehingga aromanya wangi. Teksturnya lembut dan rasanya manis.

Kuliner di atas adalah lima diantara banyak jenis lainnya yang sering dijadikan santapan utama saat berbuka. Kamu dapat menemukan dan membeli makanan khas Ramadhan tersebut dengan mudah saat sore hari sembari ngabuburit.

Leave A Reply

Your email address will not be published.