3 Wisata Kuliner Jawa Timur Terpopuler Saat Ini

0 93

- Advertisement -

Banyaknya kuliner Jawa Timur tentunya membuat wisatawan mudah dalam memilih destinasi nya. Hal itu membuat Jatim menjadi langganan wisatawan untuk berlibur. Tentu cita rasa yang khas sudah menjadi tujuan utama para pengunjung.

Selain cita rasa khas, harga yang terjangkau menjadi faktor pendukung kuliner tersebut dipenuhi pengunjung. Rasa makanan yang bervariatif memudahkan para wisatawan memilih sesuai selera. Mulai dari yang pedas, manis, hingga gurih dapat ditemukan di Jawa Timur.

Keunikan dan sejarah kuliner tersebut juga menarik perhatian wisatawan. Itu dikarenakan banyak cerita yang unik dari setiap kuliner tersebut.

Berikut Kuliner Jawa Timur Terpopuler Saat Ini

Ada beberapa faktor wisatawan memilih tempat untuk berlibur. Selain wisata rekreasi, wisata kuliner juga menjadi faktor orang tertarik berlibur ke suatu daerah.

  1. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Sate klopo menjadi salah satu kuliner Jawa Timur terpopuler. Itu dikarenakan setiap harinya pasti dipadati oleh pembeli. Nama ondomohen menjadi keunikan tersendiri dari sate ini.

Pemilik pertama menamakan ondomohen. Karena rumah makan ini berada di jalan Ondomohen yang sekarang berganti nama menjadi jalan Walikota Mustajab.

Berbeda dengan sate pada biasanya, sate klopo ini menggunakan daging yang dibumbui parutan kelapa saat dibakarnya. Aroma dan tekstur dari kelapa itulah yang menjadikannya unik dan berbeda dengan sate lainnya.

  • Lontong Balap Pak Gendut

Makanan ini bisa dibilang sebagai manakan legendaris. Itu dikarenakan, lontong balap sudah ada sejak 1958 atau 63 tahun yang lalu. Banyak warung lontong balap yang berdiri Jawa Timur khususnya Surabaya. Tetapi warung lontong balap pak Gendut menjadi yang paling favorit.

Dalam penyajiannya sepiring lontong balap berisikan potongan lontong, kecap, tahu dan kecambah lalu diguyur dengan kuah segar. Setiap suapan rasa yang didapat oleh pembeli adalah gurih dan nikmat.

  • Rujak Cingur Ahmad Jais

Rujak cingur jais sudah menjadi tempat terpopuler dalam menjadi tempat tujuan kuliner di Jawa Timur. Pasalnya rujak cingur ini menjadi makanan ciri khas Jawa Timur.

Berdiri sejak 1970 rujak cingur ahmad jais termasuk warung legendaris. Kacang mede membuatnya berbeda dengan rujak cingur lainnya. Walaupun harga yang ditawarkan sangat fantastis.

Tetapi banyak orang tetap menikmati makanan ini karena sebanding dengan rasa yang didapat. Banyak pilihan mulai dari rasa, harga, berkuah atau tidak yang didapat ketika berlibur ke Jatim. Tidak sah apabila pergi liburan tetapi tidak mengunjungi wisata kuliner Jawa Timur.

Leave A Reply

Your email address will not be published.