3 Menu Khas Jatim Enak untuk Berbuka Puasa

0 215

- Advertisement -

Tentu banyak sekali menu khas Jatim enak yang cocok menjadi hidangan saat berbuka puasa. Sudah menjadi tradisi di Indonesia khususnya, untuk menyediakan makanan khas daerahnya. Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa.

Tentu banyak sekali hal yang mereka rindukan ketika berpuasa. Salah satu yang dirindukan ketika bulan ramadhan yaitu adzan maghrib. Itu dikarenakan umat muslim semuanya akan membatalkan ibadah puasa mereka.

Berikut Menu Khas Jatim Enak yang cocok untuk Berbuka Puasa

Pada saat berbuka puasa masyarakat muslim Indonesia akan menghidangkan makanan berat. Tidak terkecuali menu khas Jatim yang kebanyakan adalah makanan berat.

  1. Nasi Krawu

Banyak orang mengira nasi krawu berasal dari Gresik, tetapi sebenarnya nasi ini berasal dari Madura. Nama krawu berasal karena penjual nasi ini menyajikannya menggunakan tangan.

nasi krawu pada dasarnya berisikan nasi, daging suwir, serundeng, dan juga sambal. Pembungkusan dengan daun pisang menambah aroma nikmat pada makanan ini.

Nasi ini biasanya dikonsumsi pada sarapan di pagi hari, tetapi pada saat bulan ramadhan biasanya dijadikan menu utama untuk berbuka puasa. Rasa yang mewah dan harga yang terjangkau menjadi keistimewaan nasi krawu.

  • Ayam Lodho

Menu selanjutnya yaitu ayam lodho. Dalam bahasa jawa ayam lodo berarti ayam yang memilki daging sangat empuk. Dalam pembuatannya ada 2 macam cara membuatnya. Pertama bisa dengan cara ayamnya di goreng dan ada juga di bakar.

Setelah proses tersebut ayam di tumis menggunakan kuah. Sehingga membuat buka puasa terasa segar dengan sepiring nasi putih hangat.

  • Soto Lamongan

Soto lamongan sudah sangat familiar bagi warga Jawa Timur. Terlebih pada saat bulan ramadhan, menu ini sering dijadikan menu utama berbuka puasa.

Makanan berkuah yang berisikan ayam suwir, koya, dan, bihun dan sayuran seperti kol. Itu menjadi sangat segar apabila ditambah dengan perasan jeruk nipis.

Menu tersebut bisa ditambah dengan sepiring nasi putih. Soto lamongan dapat ditemukan dimanapun dan dihargai dengan harga yang relatif murah. Sembari berjalan-jalan di sore hari kalian dapat membeli menu ini untuk berbuka puasa.

Setelah berpuasa lebih dari 12 jam tentu umat muslim ingin menyantap hidangan berbuka puasa dengan puas. Dengan menu khas Jatim enak yang dihidangkan pada saat berbuka dapat menambah semangat untuk berpuasa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.