Jalan Masuk Lembah Tapak

Ada yang tahu lembah tapak dimana ? mungkin kebanyakan warga Cianjur dan sekitarnya tidak tahu dimana letak Lembah Tapak dan apakah Lembah Tapak itu. Lembah Tapak adalah tempat wisata dan camping ground yang terletak di Desa Wangunjaya Kec. Cugenang Kab.Cianjur, disini kita bisa menikmati keindahan kota cianjur dari hutan Pinus dan Rasamala yang masih terawat dengan baik, alunan merdu nyanyian burung-burung seakan-akan kita lupa dengan segala penat dari rutinitas.

Hutan Pinus Lembah Tapak

Lembah Tapak adalah kawasan hutan yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Cianjur BKPH Cianjur RPH Cijedil, kawasan ini dikerjasamakan antara Perum Perhutani KPH Cianjur dengan LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) dan Pemerintah Desa Wangunjaya. Dari hutan ini kita bisa melihat indahnya kota cianjur dari siang hari dan malam hari, yang paling indah ketika malam hari menjelang terbitnya matahari kalau di bandung seperti Puncak Bintang, disini kita bisa bermain dan pasang tenda bersama teman ataupun keluarga dan yang paling menarik di hutan Lembah Tapak kita bisa merasakan suasana dua jenis hutan yang berbeda di depan hutan Pinus dan semakin masuk kedalam kita disajikan dengan hutan Rasamala dan Puspa, sekarang Lembah Tapak mulai ramai dikunjungi wisatawan lokal terutama malam minggu dan hari minggu.

Hutan Pusapa & Rasamala Lembah Tapak

Penamaan Lembah Tapak konon katanya lembah ini tengah-tengah antara peninggalan telapak kaki Manusia di gunung managgel yang sebelah kiri dan yang sebelah kanan konon berada di Gunung Gede, untuk yang sebelah kanan saya belum sempat lihat tapi yang sebelah kiri saya pernah lihat sendiri dan berpose disana heheh (lihat link nya disini https://arocki.com/2016/09/situs-sanghyang-tapak.html) dan warga sekitar menyebutnya situs Sanghiyang Tapak, tempat ini juga menjadi tempat keramat dan jadi tujuan ziarah makam karena terdapat 3 Makam di tempat ini.

Kota Cianjur dari Lembah Tapak

Fasilitas di Lembah Tapak belum selengkap seperti tempat wisata lainnya masuknya pun masih gratis tapi untuk mushola dan toilet sudah tersedia, untuk bisa sampai kesini cukup mudah anda bisa pakai jalur ke The Jhones lanjut ke arah hutan kota dan ketika ada persimpangan menuju hutan kota kita belok kiri ke arah desa wangunjaya lanjutkan ikuti jalan itu sampai ke Lembah Tapak, jarak tempuh menuju kesini hanya 7,4 KM dari Tugu Gentur Bundaran Hypermart Cianjur dengan waktu tempuh kurang lebih 35 Menit saja. Kendaran yang bisa masuk kesini motor dan mobil tapi untuk jenis sedan saya tidak menganjurkan karena ada jalan makadam kurang lebih 700 M agak sulit untuk mobil jenis sedan.

View Kota Cianjur dari Celah Celah Pohon PInus

Kelebihan Lembah Tapak karena lokasinya dekat dengan kota sehingga kita tidak harus jauh-jauh ketika mau camping di hutan bersama keluarga dan sangat aman karena ada petugas yang jagain Lembah Tapak bisa menjadi alternatif untuk berkemah selain ke Cibodas, Cipanas. penasaran ….. coba datangi aja ya masih gratis loh.

lihat videonya dibawah ini